panduan umum ternak sapi potong

panduan umum ternak sapi potong
saat ini, bisnis ternak sapi potong yang paling menguntungkan tidak lain ialah penggemukan. memelihara sapi dari ukuran blogikaan sampai ukuran siap buat dipotong. kebanyakan ternak sapi di indonesia menitikberatkan terhadapnya bisnis penggemukan. jarang adanya peternak yang menggeluti bisnis pembibitan semetode lebih seriusif. bisnis pembibitan sapi dikata kurang menguntungkan semetode ekonomi.
selama ini bisnis pembibitan sapi banyak dilsayakan para peternak tradisional. produktivitasnya kurang bisa dikamulkan. banyak dilsayakan sebagai bisnis sampingan atau tabungan keluarga. sesampai indonesia selantas kelemahan sapi blogikaan. buat memenuhi kebutuhan itu, sapi blogikaan banyak diimpor dari negara lain.
jenis-jenis sapi potong
berdimpianrkan asal patinya, terbisa tiga golongan sapi dalam bisnis ternak sapi di indonesia, yakni sapi lokal, sapi impor serta yang akan terjadi silangannya. berikut ini seareakah jenis sapi yang paling banyak beredar serta dibudidayakan di indonesia:
a. sapi ongole
sapi ini berimpianl dari india, ternak sapi ongolecukup banyak di indonesia. terbisa dua jenis tipe sapi ongole yang teridapl yakni peranakan ongole (po) serta sumba ongole (so). sapi ongole ringan diidapli. warna kulitnya putih, disekitar kepala sedikit lebih gelap lebih memilih abu-abu. postur badannya agak panjang, leher sedikit pendek serta kaki terlihat panjang.
sapi ongole bisa menyesuaikan diri dengan baik di iklim tropis, oleh alimpiannnya itu para peternak di indonesia menyukainya. hanya saja peningkatannya lebih memilih lambat. sapi ini akan mencapakahi dewimpian terhadapnya usia 4-5 tahun. banyak peternak yang menyikunon sapi ongole dengan jenis lain.
panduan umum ternak sapi potong
sapi peranakan ongole (po).
 b. sapi bali
sapi bali memmemilikii warna badan coklat, warnanya akan sesemakin gelap dengan meningkatnya usia sapi. sapi bali tidak lain ialah jenis sapi lokal yang paling banyak diternakkan di indonesia. dgosipkai alimpiannnya tekstur dagingnya yang lembut serta sedikit lemak. ternak sapi bali amat cocok buat tempat tropis dengan ketinggian di bawah 100 meter dpl. banyak dibudidayakan di tempat bali, ntb, ntt serta sulawesi.
c. sapi impor
dewimpian ini, pernyebaran teknologi peternakan mebisa jadikan sapi impor dari amerika, eropa, australia yang memmemilikii iklim sub tropis bisa dibudidayakan di indonesia. sapi-sapi tersebut memmemilikii keunggulan dalam ukuran badan serta peningkatan dagingnya. seareakah yang paling teridapl salah satu sapi limosin dari perancis, sapi aberdeen angus dari skotlandia, sapi simental dari swiss, sapi brahman serta sapi brangus dari as.
panduan umum ternak sapi potong
salah satu jenis sapi pedaging impor.
 sangkar sapi
konstruksi sangkar buat ternak sapi potong amat bergantung terhadapnya skala peternakan serta ketersediaan sertaa. namun semetode umum, sangkar sapi sesegera bisa jadi bisa melindungi sapi dari efek iklim lokal serta pergantian cuaca. perlu diingat suhu badan sapi berkisar 38-39oc. terbisaa tiga tipe sangkar sapi, yakni sangkar dengan dinding terbuka, setengah terbuka serta dinding tertutup. sangkar sapi terbuka serta setengah terbuka biimpiannya diaplikasikan di dataran rendah yang panas tetetapi tiupan anginnya tak terlantas kencang. sangkar dengan dinding tertutup biimpiannya difungsikan di tempat dingin yang berangin kencang, atau sangkar yang diperbuatan bagi anakan sapi.
selain kejelas sajaan sangkar di atas, perihal lain yang perlu diperhatikan tidak lain ialah kelengkapakahn peralatan sangkar buat ternak sapi. berikut seareakah salah satu:
tempat pakan serta minum. tempat pakan sebagusnya terbuat bahan-bahan yang tak melukai, bisa kayu atau tembok. sesertagkan tempat minum bisa berbentuk ember plastik tetetapi yang tak beliah pecah. tempat tersebutkann serta minum sesegera bisa jadi dirancang serta ditempatkan sedemikian rupa supaya Residu-Residu pakan tak berceceran.
tempat tambat. tambat sapi tidak lain ialah tonggak, tiang, atau palang buat mengikatkan sapi supaya tak berMobilitas terlantas banyak. tempat tambat ini bisa dibuat khusus atau disatukan dengan struktur sangkar, yang serius sesegera bisa jadi kokoh.
peralatan sangkar. peralatan sangkar yang diharapkan buat ternak sapi potong salah satu sebagai berikut.
sekop. memmemilikii kefungsian buat mengaduk pakan serta membersihkan kotoran. sebagusnya fungsikan dua sekop yang lain hal buat kebutuhan ini.
garpu/garu. garpu buat mengaduk pakan serta membersihkan sangkar.
ember. buat kebutuhan wadanyah minum serta sanitasi mirip memandikan sapi atau membersihkan sangkar.
sapu lidi. buat membersihkan sangkar.
selang. sebagai sarana menyalurkan air serta sanitasi sangkar.
sikat. difungsikan buat memandikan sapi.
tali. memmemilikii kefungsian buat mengikat sapi dikala ditambatkan atau memrupawankan sapi.
peratan perawatan kebugaran sapi. alat suntik, vaksin serta obat-obatan lainnya.
memilih blogikaan
jika kita ingin menjalankan bisnis pembesaran, sebagusnya pilih sapi blogikaan yang memmemilikii ciri-ciri sebagai berikut:
jika mebisa jadikan bisakan Hibrida yang memmemilikii silsilah terperinci serta diidapl sifat-sifatnya.
badan pedet tak cacat, kulitnya mulus tak diciptakan parasit.
mata cerah serta bersih, tak adanya kotoronnya serta berair.
pernapimpiann baik, tak adanya lendir keluar dari hidungnya.
kukunya baik, tak adanya bengkak, jika diraba tak terimpian panas.
terhadapnya area dubur tak terlihat adanya bekas mencret.
sapi blogikaan (anak sapi) tipe pedaging.
sapi blogikaan (anak sapi) tipe pedaging.
jenis pakan ternak sapi
pakan berserat. bisa berbentuk hijaun mirip rumput-rumputan, leguminosa serta tumbuhan lainnya. limbah pertanian mirip jerami padi, jerami jagung, daun kacang tanah, pucuk tebu serta lain-lain.
konpusatt, atau biimpian juga dikatakan bahan penguat. terdiri dari biji-bijian, umbi-umbian serta limbah pengolahan yang akan terjadi pertanian lainnya.
pakan tambahan, biimpiannya berbentuk vitamin, mineral, enzim, antibiotik, urea serta lain-lainnya.
pemberian pakan
pakan konpusatt buat ternak sapi penggemukan bisa dibuat dari aneka macam macam bahan, yang terserius memmemilikii kadanyar protein 12% serta total digestible nutriens (tdn) atau total zat dalam pakan yang bisa dicerna sebesar 60-70%. total pemberian pakan konpusatt 1-2% dari bobot badan sapi.
sebagusnya memberi pakan konpusatt dalam bentuk kering. perihal ini memmemilikii kefungsian buat merangsang keluarnya enzim dari ludah sapi yang memmemilikii kefungsian buat menimbulkan peningkatan bakteri dalam rumen sapi. pemberian pakan hijauan totalnya 10% dari bobot badan sapi. pakan hijaun dimemberi 2-3 pukul sesudah pemberian pakan konpusatt.
kebutuhan pakan takaran
hijauan (rumput+legum) 10% bobot badan
konpusatt 1-2% bobot badan
garam 15-30 gram
kalsium phospat (tepung tulang/kapur) 13-30 gram
air secukupnya
perawatan umum
mirip juga hewan ternak lainnya, ternak sapi potong memperlukan perawatan acap kali supaya pernyebarannya berjalan baik. berikut ini perawatan yang sesegera bisa jadi dilsayakan:
vaksinasi serta pemberian obat cacing.
bersihkan kotoran di sangkar sapi tiap hari. atau jijikalau mebisa jadikan sehari 2 kali. kebersihan sangkar sharapanrannya buat menaikkan kesejahteraan sapi, sesampai sapi selantas bugar tak stres serta terhindar dari penyakit yang tak perlu.
sekitar 1-2 hari sekali, sapi sesegera bisa jadi dimandikan. sikat badan sapi sampai bersih.
http://www.jefrihilda.my.id/2015/12/analisa-usaha-ternak-sapi-potong-menguntungkan.html

0 Response to "panduan umum ternak sapi potong"

Post a Comment

wdcfawqafwef