cata ternak cacing sutera

cata ternak cacing sutera

cacing sutera (tubifex), kerapkalikali juga dikatakan cacing rambut atau cacing darah tidak lain ialah cacing kecil seukuran rambut berwarna kemerahan dengan panjang sekitar 1-3 cm, dengan badan berwarna merah kecoklatan dengan ruas-ruas. cacing ini Hayati dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik.
cacing ini Hayati berkoloni di perairan yang kaya akan bahan organik. di dalam badan cacing sutera terkandung kira-kira 57% protein serta 13% lemak, yang oleh alimpiannnya tidak lain ialah itu tidak lain ialah pakan yang baik buat ikan, tidak terkecuali ikan yang dipelihara insan mirip lele atau ikan hias.

habitat
cacing ini Hayati terhadapnya subtrat lumpur dengan kedalaman 0 – 4 cm.
nah mirip hewan air laen tersebutkan air memegang peranan serius buat kepribadian Hayati cacing ini. nah pribadi aja parameter optimal cacning sutra :
• ph : 5,5 -8,0
• suhu : 25 – 28 c
• do(oksigen terlarut) : 2,5 – 7,0 ppm
• amoniak : <3,6
cacing sutra tidak lain ialah hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur semetode eksternal. telur yang dibuahi oleh jantan akan mempisah menjadi dua sebelum menetas.

bahan organik yang baik buat dipakai oleh cacing sutra tidak lain ialah campuran antara kotoran ayam, dedak (bekatul) serta lumpur. berikut metoda budidaya cacing sutra:

1. persiapakahn bibit
bibit mampu dibeli dari toko ikan hias atau membisubil dari alam
catatan : sebagusnya bibit cacing di karantina dahulu alimpiannnya tidak lain ialah ditidakutkan membawa bakteri patogen.
2. persiapakahn media
media pernyebaran dibuat sebagai kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter yang ditambahi saluran pemasukan serta pengeluaran air. setiap setiap kubangan dibuat petidakan petidakan kecil ukuran 20 x 20 cm dengan tinggi bedengan atau tanggul 10 cm, antar bedengan dikasi lubang dengan membisueter 1 cm.
3. pemupukan
lahan di pupuk dengan dedak perihalus atau ampas tahu sejumlah 200 – 250 gr/m2 atau dengan pupuk sangkar sejumlah 300 gr/ m2.
metode bikin pupuknya :
• siapkan kotoran ayam, jemur 6 pukul.
• siapkan bakteri em4 buat fermentasi kotoran ayam tersebut. cari di toko pertanian atau toko peternakan atau balai peternakan.
• aktifin dulu bakterinya. metodenya ¼ sendok tersebutkann gula pasir + 4ml em4 + dalam 300ml air trus diemin kurang lebih 2 pukul.
• campur cairan itu ke 10kg tokai yang dah di jemur tadi, aduk hingga rata.
• trus masukin ke wadanyah yang ketutup
rapet sepanjang 5 hari
kenapakah sesegera mungkin fermentasi? alimpiannnya tidak lain ialah dengan fermetasi tersebutkan kandungan n-organik serta c-organik bnalar naek hingga 2 kali lipat
4. fermentasi
lahan direndam dengan air setinggi 5 cm sepanjang 3-4 hari.
5. penebaran bibit
sepanjang proses budidaya lahan dialiri air dengan debit 2-5 liter / detik
6. levelakahn kerja budidaya cacing sutra
cacing sutra atau cacing rambut jelas jelas sudah semenjak lama dikegunaankan sebagai di antara jalur lain pakan ikan. harga jual yang relatif tinggi, bikin usaha cacing sutra cukup banyak diklaim orang.

namun akungnya, tidak banyak orang yang menelisik teknis pembudidayaan cacing sutra ini. berikut levelakahn kerja yang sesegera mungkin dilaksanakan dalam pembudidayaan cacing sutra.
• lahan tes coba berbentuk kolam tanah berukuran 8 x 1,5 m dengan kedalaman 30 cm. dimpianr kolam tes coba ini cuma diisi dengan sedikit lumpur.
• apakahjika matahari cukup terik, jemur kolam minimum sehari. bersetaraan dengan itu, kolam dijernihkan dari rumput atau hewan lain yang berpotensi menjadi hama bagi cacing sutra, mirip keong mas atau kijing.
• pipa air keluar atau pipa pengeluaran diperiksa kekuatannya serta sempurnakan berguna dengan baik. pipa pengeluaran ini sebagusnya terbuat dari bahan paralon bermembisueter 2 inci dengan panjang sekitar 15 cm.
• usai peseramngan serta penjemuran, usahakan keadanyaan dimpianr kolam bebas dari bebatuan serta benda-benda monyets lainnya.

hendaknya konstruksi tanah dimpianr kolam relatif datar atau tidak bergelombang.
• dimpianr kolam diisi dengan lumpur perihalus yang berimpianl dari saluran atau kolam yang dikata banyak mengandung bahan organik hingga ketebalan dimpianr lumpur mencapakahi 10 cm.
• tanah dimpianr yang sudah ditambahi lumpur diratidakan, sehingga benar-benar terlihat rata serta tidak terbisa lumpur yang monyets.
• buat memastikannya, gunakan peredaran air sebagai pengukur kedataran permukaan lumpur tersebut. jika keadanyaannya benar-benar rata, bermakna kedalaman air akan terlihat setara di semua area.
• masukkan kotoran ayam kering sejumlah tiga karung ukuran kemimpiann pakan ikan, setelah itu sebar semetode merata serta selanjutnya mampu diaduk-aduk dengan kaki.
• sesudah dikata datar, genangi kolam tersebut hingga kedalaman air maksimum 5 cm, sesuai panjang pipa pembuangan.
• pimpianng atap peneduh buat menprevent tumbuhnya lumut di kolam.
• kolam yang sudah tergenang air tersebut diIzinkan sepanjang satu minggu supaya gas yang diyang akan terjadikan dari kotoran ayam lenyap. cirinya, media sudah tidak beraroma busuk lagi.
• tebarkan 0,5 liter gumpalan cacing sutra dengan metode menyiramnya terlebih dahulu di dalam baskom supaya gumpalannya buyar.
• cacing sutra yang sudah terurai ini setelah itu ditebarkan di kolam budi daya ke semua permukaan kolam semetode merata.
• seterusnya atur peredaran air dengan pipa paralon berukuran 2/3 inci.
http://www.jefrihilda.my.id/2016/01/cara-usaha-budidaya-cacing-sutra-modal-kecil.html

1 Response to "cata ternak cacing sutera"

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

wdcfawqafwef